Manfaat Kopi di Kehidupan Sehari-hari

Kopi adalah minuman dengan kandungan kafein yang sering menjadi teman begadang yang pertama kali ditemukan kurang lebih 3000 tahun yang lalu (1000 SM) di benua Afrika. Pada perkembangannya kopi menjadi salah satu minuman paling populer dan digemari di dunia. Kopi juga menjadi tren gaya hidup masa kini dengan beragam sajiannya. Indonesia sendiri telah memproduksi ratusan ribu ton kopi setiap tahunnya dengan beragam jenisnya yang sudah tersohor cita rasanya seperti kopi Toraja, Sidikalang, Kintamani, dan masih banyak lagi jenis kopi khas dari tiap daerah di Indonesia. Selain rasa serta aromanya yang nikmat, beberapa penelitian para dokter menyatakan kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, serta beberapa penyakit jantung (kardiovaskuler). Selain baik untuk kesehatan, ternyata kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih rumah serta perabot rumah tangga. Berikut manfaat kopi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Membasmi semut
Taburkan ampas kopi di tempat semut mengerubungi makanan
Anda pasti sering mengalami sebal karena semut yang datang mengerubuti sisa makanan yang tercecer di dalam rumah baik itu di dapur, ruang makan, ruang tamu, atau ruang lainnya. Sebagai langkah praktis, penyemprot serangga sering digunakan untuk membasmi keberadaan semut tersebut. Tentunya cara ini tidak ramah lingkungan karena kandungan pestisida dalam cairan tersebut berbahaya bagi tubuh. Cara lain yang cukup sederhana yaitu dengan menaburkan ampas kopi di daerah yang sering didatangi semut. Aroma kopi yang menyengat nyatanya dibenci oleh semut dan dapat mengusir mereka.

2. Memperbaiki furnitur
Furnitur yang retak dapat ditutup dengan pasta kopi
Tak disangka aroma bubuk kopi yang harum ternyata ampuh untuk memperbaiki furnitur yang retak. Caranya adalah dengan mencampurkan dua hingga tiga sendok makan bubuk kopi hitam dengan air hingga menghasilkan pasta tebal. Kemudian oleskan pasta kopi tersebut ke sisi meja, kursi, atau lemari yang retak dengan menggunakan pisau dempul kecil. Kelebihan pasta kopi yang kurang rapi dapat pelan-pelan dihapus dengan kain lembab. Biarkan ramuan kopi tersebut beberapa saat hingga mengering kemudian gosok agar tampak mengkilap. Untuk furnitur dengan kayu warna merah, dapat ditambahkan beberapa tetes yodium dalam campuran pasta kopi.

3. Menghilangkan debu
Ampas kopi membantu membersihkan lantai dari debu yang berterbangan
Siapa yang tak ingin rumah yang sehat dan bebas dari kotoran dan debu. Rajin menyapu serta mengepel lantai terkadang tidak cukup. Ampas kopi basah bisa membantu membersihkan ruangan yang berdebu. Caranya dengan menaburkan ampas di ruangan yang berdebu. Dengan demikian, debu tidak lagi bertebangan serta memudahkan dalam membersihkan ruangan.

4. Membersihkan alat dapur
Ampas kopi untuk membersihkan peralatan dapur dari noda membandel
Para ibu rumah tangga biasanya memakai sabun cuci piring untuk mencuci perkakas dapur, mulai dari piring, sendok, garpu, gelas, hingga peralatan memasak. Tapi terkadang masih ada noda membandel yang tak bisa hilang dengan dicuci dengan sabun cuci piring. Di sinilah ampas kopi berperan. Bubuhkan ampas kopi pada spons yang digunakan untuk mencuci peralatan makan dan dapur. Kemudian gosok peralatan dapur dengan noda membandel menggunakan spons yang telah dibubuhi ampas kopi. Tekstur ampas kopi yang agak kasar dapat membantu menghilangkan noda membandel pada peralatan dapur anda.

5. Menghilangkan aroma tidak sedap
Ampas kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap di lemari es
Manfaat kopi yang satu ini tampaknya sudah tak asing lagi ditemukan. Lemari es seringkali diisi dengan berbagai macam bahan mentah ataupun sisa makanan agar tidak basi. Mulai dari sayuran mentah, buah, telur, ikan, daging, hingga bumbu tertentu dapat ditemukan dalam lemari es. Hal ini kemudian menyebabkan bau yang tidak sedap. Untuk mengatasinya letakkan ampas kopi dalam suatu tempat dan masukkan ke dalam lemari es yang berbau tidak sedap. Dalam waktu kurang dari setengah hari aroma yang mengganggu tersebut akan hilang.
Sama halnya dengan aroma lembab dari kamar mandi. Bisa dihilangkan dengan menggantung sehelai kain yang diisi dengan bubuk kopi secukupnya di salah satu sudut kamar mandi. Aroma lembab kamar mandi perlahan-lahan akan hilang.
Selain itu bau tak sedap di lemari pakaian, kamar tidur, atau sepatu juga bisa dihilangkan dengan ampas kopi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Kopi di Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar