Rahasia Cantik dengan Air Beras

Nasi adalah makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia dan sebagian besar Asia yang bahan mentahnya adalah beras. Ternyata selain sebagai bahan makanan pokok, beras memiliki banyak manfaat. Butiran beras yang kaya akan asam ferulik yaitu sebuah nutrisi yang banyak ditemukan dalam biji-bijian, berperan sebagai antioksidan yang hebat. Air bekas cucian beras ternyata juga banyak berguna bagi kecantikan. Di Jepang, air beras digunakan para wanita Jepang untuk mencuci muka ataupun mandi. Sedangkan di Indonesia nenek moyang kita telah menggunakan khasiat dan manfaat air beras ini sejak lama untuk berbagai kebutuhan. Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, air beras bisa juga dipakai untuk lulur, seperti lulur Jawa yang dibuat dari kombinasi bubuk beras dan rempah-rempah herbal. Berikut adalah rahasia cantik dengan air beras:

1. Membersihkan wajah
Air beras untuk melembabkan wajah
Rahasia cantik dengan air beras yang pertama adalah ternyata air beras dapat membuat wajah menjadi bersih. Ini bisa terjadi karena air beras mengandung inositol yang membantu pembentukan sel dan memperlambat penuaan dini. Air beras atau yang lebih sering disebut air tajin ini juga dapat berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Cara penggunaannya adalah dengan mencelupkan kapas pada air beras, kemudian ditepuk-tepukkan pada daerah wajah. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Perawatan secara rutin ini dapat membuat wajah terlihat muda dan segar.
2. Menghaluskan kulit
Berendam dengan air beras
Saat ini perawatan kulit adalah sesuatu yang berharga. Dewasa ini bukan hanya para wanita, para pria juga sudah mulai melakukan perawatan terhadap kulitnya. Dan sama seperti kulit wajah, bagian kulit tubuh yang lain juga memerlukan perawatan. Salah satu perawatan yang murah dan mudah didapat adalah dengan menggunakan air beras. Dengan melakukan perawatan alami menggunakan air beras, kulit tubuh pun akan terlihat lebih cantik dan bersih. Selain itu manfaat lainnya dari mandi air beras adalah kulit bebas kuman dan noda hitam. Anda bisa melakukannya dengan cara berendam menggunakan air beras selama lima belas menit. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari. Lambat laun kulit akan menunjukkan perubahannya sebanyak dua puluh persen setelah beberapa minggu.
3. Perawatan rambut
Air beras untuk keindahan rambut
Air beras tak hanya bermanfaat bagi kulit wajah dan tubuh, tetapi juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini disebabkan karena air beras memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan rambut salah satunya adalah kandungan protein. Kandungan protein tersebut ternyata dapat berguna bagi rambut yaitu dapat menguatkan rambut dan juga dapat memperbaiki rambut yang rusak. Penggunaan air beras di rambut ini bisa anda gunakan ketika setelah melakukan keramas. Caranya adalah setelah menggunakan shampoo, cuci rambut dengan menggunakan air beras. Setelah itu biarkan selama beberapa menit seperti halnya anda menggunakan kondisioner. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih. Lakukan metode ini secara teratur maka rambut pun akan terlihat sehat berkilau dan tentu saja tampak lebih indah.
4. Minuman kesehatan
Beras kencur untuk kesehatan
Rahasia cantik dengan air beras selanjutnya adalah air beras yang dapat digunakan sebagai minuman kesehatan. Air beras ternyata juga dapat menyehatkan tubuh. Hal ini dikarenakan air beras mengandung delapan asam amino esensial yang bisa membantu meregenerasi sel dan juga otot. Tak hanya itu, meminum air beras dapat memberikan tambahan energi di tubuh kita. Bahkan khasiat ini sudah diyakini sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita dengan mencampurkan air beras dengan rempah-rempah lain seperti kencur sebagai jamu menjadi jamu beras kencur. Kencur yang dikenal sebagai rempah yang memiliki kandungan sehat salah satunya adalah minyak atsiri diklaim memiliki fungsi sebagai zat analgesik, yaitu bahan yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit. Sangat cocok bila rempah ini dicampur dengan air beras.
5. Masker air beras
Masker pati beras
Tak hanya untuk perawatan kulit, rambut, dan minuman, ternyata air beras juga dapat digunakan sebagai masker alami. Caranya adalah dengan menggunakan sari pati dari air cucian beras. Sari pati tersebut dapat diperoleh dengan cara mengendapkan air cucian beras selama beberapa saat, hingga muncul endapan pati beras. Kemudian endapan itu dipisahkan dari airnya dan gunakan endapan pati beras tersebut ke wajah anda seperti sedang menggunakan masker. Selain beras putih, beras merah dan beras hitam juga bisa digunakan sebagai masker dengan menyesuaikan jenis kulit anda. Masker dari sari pati beras putih bisa digunakan untuk kulit yang memiliki kecenderungan berminyak, sari pati beras hitam untuk kulit normal, dan sari pati beras merah lebih cocok untuk kulit kering.
Itulah tadi rahasia cantik dengan air beras. Semoga bermanfaat, dapat menambah wawasan anda, dan selamat mencoba.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rahasia Cantik dengan Air Beras"

Posting Komentar