Makanan Indonesia yang Sangat Mendunia

Indonesia adalah negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Karena itu Indonesia juga memiliki keragaman suku, budaya, tradisi, dan kuliner. Jika kita berkunjung ke suatu daerah, akan kita temukan makanan khas daerah itu. Setiap makanan khas daerah itu ternyata tak hanya menarik minat sesama orang Indonesia akan tetapi juga mengundang perhatian wisatawan manca negara yang berkunjung ke Indonesia ataupun yang berada di luar negeri dan mencicipi makanan tersebut yang diperkenalkan oleh orang Indonesia yang berada di sana. Beberapa makanan berikut bahkan sudah mendunia kelezatannya dan menjadi sudah terkenal di luar negeri sana. Berikut makanan Indonesia yang sudah mendunia:

1. Nasi goreng di acara World Expo, Shanghai, China, 2010
Nasi goreng
Di Indonesia, nasi goreng adalah makanan yang mudah sekali ditemukan bukan hanya di restoran, depot, bahkan nasi goreng juga banyak dijual dengan gerobak dorong di pinggir-pinggir jalan. Meskipun demikian, bukan berarti nasi goreng adalah makanan yang layak disepelekan. Nama nasi goreng dikenal luas di mancanegara setelah presiden Amerika, Barrack Obama menyebutkan namanya beberapa kali dan mengaku menyukai makanan yang satu ini. Di tahun 2010 presiden Susilo Bambang Yudhoyono membanggakan nasi goreng sebagai masakan khas Indonesia di acara World Expo yang digelar di Shanghai, China. Acara ini mendapat respon positif dari para pengunjung pameran dari berbagai negara. Dalam sehari setidaknya nasi goreng khas Indonesia yang disajikan bersama telur dadar dan sate ayam ini mampu terjual hingga tujuh ratus porsi.

2. Nikmatnya Gado-Gado di Napoli, Italia
Gado-gado
Gado-gado adalah masakan khas Betawi yang terdiri dari sayur-sayuran seperti tauge, kentang, timun, kol, dan tomat dengan dilengkapi protein berupa tempe, tahu dan telur serta lontong sebagai sumber karbohidratnya. Kesemua bahan tadi dipotong-potong dan ditata di piring kemudian disiram dengan bumbu khas dari kacang tanah yang dihaluskan serta taburan bawang goreng di atasnya. Sebagai pelengkapnya ditambahkan juga kerupuk dan emping goreng. Makanan yang di luar negeri lebih mirip dengan salad ini memang tampak sederhana. Meskipun terkesan sederhana, gado-gado ternyata berhasil meraih juara pertama kategori tampilan sajian estetika di perlombaan memasak internasional di Napoli, Italia pada 13-27 Juli 2010 silam. Bahkan Matt Scannell, vokalis band Vertical Horizon terpikat dengan makanan ini saat mengunjungi Indonesia dan berkesempatan mencicipi makanan yang satu ini. Dan dia mengatakan akan merindukan dan kesulitan untuk menemukan makanan ini saat kembali ke negaranya, Amerika.

3. Soto ayam laris manis di Jepang
Soto ayam
Soto adalah makanan populer yang mempunyai versi masing-masing di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari soto Betawi, Lamongan, Madura, Kudus, Banjar, dan masih banyak lagi. Dari segi tampilan, isi dan rasa pun berbeda-beda. Persamaan dari kesemua jenis soto ini adalah bahwa makanan ini berisi daging (ayam atau sapi), sayuran (tauge, kentang, tomat, dan atau kol) dengan disiram kuah dengan bumbu rempah yang khas. Rasanya nikmat dan tampilannya pun cantik. Makanan ini sangat cocok disantap saat hujan. Udara yang dingin dipadu dengan kuah yang panas menjadi perpaduan yang pas. Ternyata soto tak hanya populer di Indonesia, soto ayam ada dalam ajang Fukuba International Exchange Festival yang diadakan di Jepang. Acara ini diadakan oleh para pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ Komsat Ibaraki dan menu soto ayam telah menjadi menu langganan di acara ini. Soto ayam terbukti menjadi makanan yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang di festifal ini.

4. Sate ayam selalu laris dalam acara festival Internasional
Sate ayam
Sate adalah makanan yang terbuat dari daging (biasanya ayam atau sapi atau kambing) yang dipotong kecil-kecil, ditusuk, kemudian dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kacang dan ditaburi irisan bawang merah. Sate paling terkenal adalah sate khas Madura. Tak hanya di Indonesia, sate ayam juga digemari di luar negeri. Dalam sebuah bazaar amal Internasional yang diselenggarakan di Chaoyang Park, Beijing, China 2013 silam, sate menjadi makanan khas Indonesia yang laris manis.Tak hanya laris manis di bazaar amal di China, sate juga laris manis di Amerika Serikat. Seorang warga negara Indonesia keturunan India membuka sebuah restoran yang diberi nama Satay Junction di New York, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, menu andalan di restoran ini adalah sate ayam. Meskipun terbilang kecil, restoran ini dipadati oleh warga Amerika yang menyukai masakan khas Indonesia ini. Bukan hanya bertahan, bahkan pengunjung di restoran ini dari hari ke hari semakin bertambah.

5. Rendang masuk dalam Worlds 50 Most Delicious Foods
Rendang
Rendang adalah masakan khas Minangkabau berupa masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu serta rempah-rempah. Rendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan menambahkan santan kelapa. Proses memasak rendang membutuhkan waktu berjam-jam hingga menghasilkan warna yang pekat dan dan daging yang empuk. Karena proses memasaknya yang lama ini, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu dalam suhu ruangan. Pada tahun 2011, rendang terpilih menjadi peringkat pertama dalam daftar Worlds 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat di Dunia) versi CNN International. Rendang juga bahkan menjadi menu favorit di hotel Grand Westin, Berlin, Jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia yang diselenggarakan dalam rangka 60 tahun persahabatan Indonesia dan Jerman.

6. Tempe menu favorit di Korea dan Jepang
Tempe goreng
Siapa sangka tempe yang di Indonesia dikenal sebagai makanan sederhana yang mudah didapat dan harganya murah ini ternyata bisa mendunia. Di Jepang tempe diperkenalkan oleh orang Indonesia bernama Pak Rustono yang menjalankan bisnis tempe di sana. Tempenya dikenal luas di Jepang tak hanya dibeli oleh masyarakat umum, tapi juga dipesan oleh berbagai restoran, hotel, dan rumah sakit di sana. Lain lagi cerita Edward Kwon, seorang juru masak asal Korea. Perhelatan Jakarta Culinary Festival pada Oktober 2012 lalu menjadi ajang perkumpulan para koki mancanegara. Mereka datang untuk memasak dan juga menikmati makanan Indonesia. Setelah mencicipi berbagai makanan, Edward Kwon menjadikan tempe sebagai idolanya.  

7. Sop Buntut digemari di Spanyol
Sop buntut
Sop buntut adalah masakan yang terbuat dari buntut (ekor) sapi yang dimasak dengan sayuran seperti wortel dan kentang dengan kuah sop yang khas dengan bumbu dan rempahnya. Kedutaan Besar Indonesia di Madrid, Spanyol mengadakan acara pekan Gastronomi Indonesia dan memperkenalkan beberapa masakan khas Indonesia, salah satunya adalah sop buntut. Ternyata acara ini mendapatkan sambutan yang positif. Dua chef dari Indonesia, Robertus Wisnu dari Melia Yogyakarta dan Koderko Prasetyo dari Melia Bali menyajikan kuliner Indonesia di sini. Setidaknya sekitar tiga ratus orang menikmati kelezatan masakan ciri khas Indonesia ini dan jatuh hati pada sop buntut.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang mendunia. Jika bangsa luar bisa mencintai produk dan budaya Indonesia, tentunya akan mengundang kita sebagai bangsa Indonesia untuk lebih mencintai produk dan budaya bangsa kita.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Indonesia yang Sangat Mendunia"

Posting Komentar