Manfaat Lada Hitam untuk Rambut

Lada hitam yang dalam bahasa latin bernama Piper nigrum merupakan salah satu rempah yang sering dipakai agar masakan mempunyai cita rasa pedas tersendiri. Sama halnya dengan lada putih, lada hitam juga tumbuh dari tanaman yang sama. Hanya saja lada hitam dan lada putih mengalami proses pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan warna, tekstur, dan rasanya masing-masing. Lada putih diambil dari buah lada yang benar-benar sudah matang yang kemudian direndam selama beberapa hari sampai daging buahnya lembut, mudah terurai, dan menyisakan biji yang telah bersih yang kemudian dikeringkan. Sedangkan lada hitam diambil dari buah lada yang hampir busuk dan mengering karena paparan sinar matahari terus-menerus sehingga kulitnya berwarna kehitaman. Buah lada hitam tersebut kemudian direndam dengan air garam agar kulitnya terkelupas dan hanya meninggalkan bagian dalamnya saja. Lada hitam yang juga mengandung vitamin C dan K, kalium, serat dan juga zat besi ternyata tak hanya digunakan sebagai bumbu pelengkap untuk meningkatkan rasa makanan, tapi juga memiliki khasiat lain yang berkaitan dengan kesehatan. Berikut adalah manfaat lada hitam dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan rambut:

1. Membuat rambut tebal dan kuat
Lada hitam untuk memperkuat dan mempertebal rambut
Rambut adalah mahkota, karena itu rambut yang tebal, sehat, dan kuat menjadi idaman banyak orang. Karena rambut yang sehat dapat mendukung penampilan seseorang menjadi lebih menawan. Selama ini orang mempercayai lidah buaya, seledri, dan kemiri untuk merawat kesehatan rambut. Namun ternyata lada hitam juga dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, sehat, dan kuat. Caranya adalah dengan membuat hair mask dengan mencampurkan 1 sendok teh lada hitam bubuk, 1 sendok teh biji lemon yang telah dihaluskan, serta beberapa tetes minyak zaitun hingga mengental. Kemudian aplikasikan hair mask tersebut ke kulit kepala hingga merata lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu cuci rambut dengan air hangat dilanjutkan dengan menggunakan shampoo. Dengan penggunaaan hair mask lada hitam secara teratur rambut akan tumbuh lebih cepat, tebal, sehat, dan kuat secara alami.

2. Mengatasi ketombe
Lada hitam untuk mengatasi ketombe
Lada hitam yang ternyata mengandung anti bakteri dan anti inflamasi dipercaya dapat mengatasi rambut yang berketombe. Kandungan anti bakteri dan anti inflamasi tersebut ternyata dapat membunuh bakteri penyebab infeksi pada kulit kepala dan menghambat atau mencegah pertumbuhan ketombe. Meskipun ketombe tampak sepele tetapi dapat mengganggu penampilan seseorang karena menimbulkan rasa gatal yang berlebih. Untuk mengatasi ketombe pada rambut, yang harus dilakukan adalah membuat ramuan yang terbuat dari campuran 1 sendok teh lada hitam yang telah dihaluskan dengan yoghurt. Setelah tercampur rata balurkan ramuan tersebut pada rambut dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air bersih agar ramuan lada dengan yoghurt dapat meresap hingga ke kulit kepala. Keesokan harinya barulah cuci rambut dengan menggunakan shampoo. Disarankan tidak menggunakan ramuan ini terlalu berlebihan karena sifat lada hitam yang panas dan dapat menyebabkan kulit kepala terbakar.

3. Menghilangkan uban
Lada hitam untuk menghilangkan uban
 Jaman dulu uban atau rambut putih di kepala identik dengan orang yang sudah tua. Namun jaman sekarang ternyata banyak pula anak muda yang berusia di bawah 30 tahun yang rambutnya beruban. Hal ini bisa disebabkan karena faktor stress, kebiasaan gonta-ganti shampoo, keturunan, atau kurangnya pigmen pada rambut setelah kantong rambut tak lagi dapat mewarnai rambut. Pemanfaatan lada hitam untuk menghilangkan uban adalah dengan cara mencampurkan 1 gram lada hitam dengan 100 gram yoghurt tanpa gula. Kemudian oleskan secara perlahan ke kulit kepala dan rambut dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu cuci rambut dengan air hangat dan shampoo. Perawatan ini dapat dilakukan seminggu sekali sehingga rambut anda terlihat hitam bebas dari uban. Untuk manfaat yang sama dapat juga menggunakan campuran dari kopi bubuk dengan yoghurt.

4. Mencegah kebotakan
Lada hitam untuk mencegah kebotakan
Kebotakan adalah masalah serius yang bisa mengganggu penampilan. Untuk mencegah atau menghilangkan kebotakan biasanya seseorang rela melakukan apa saja, dan menghabiskan biaya yang mahal untuk melakukan perawatan mengatasi hal ini. Lada hitam dapat dimanfaatkan untuk mencegah kebotakan dengan cara mencampurkan lada hitam dan yoghurt hingga membentuk pasta. Pasta ini kemudian lalu digosokkan ke rambut seperti halnya melakukan creambath. Setelah itu diamkan beberapa menit lalu bilas dan cuci bersih rambut dengan menggunakan shampoo.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Lada Hitam untuk Rambut"

Posting Komentar