Alat Kecantikan Masa Lalu

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik. Bahkan tak jarang demi tampil cantik mereka harus menghabiskan uang banyak atau mengalami penderitaan tertentu terlebih dahulu. Sekarang ini banyak metode perawatan yang mampu mengubah kecantikan baik yang alami atau yang modern yang bisa menyebabkan resiko yang ekstrim dan membahayakan. Namun ternyata di masa lalu ada beberapa perawatan kecantikan yang tak kalah unik dan aneh bahkan bisa dibilang cukup mengerikan dan mengandung resiko yang lebih berbahaya dibanding sekarang. Berikut alat kecantikan ekstrim di masa lalu:

1. Masker es balok
Masker es batu
Di jaman sekarang, jika kita ingin mengecilkan pori-pori, kita bisa menggunakan toner atau serum untuk melakukannya. Di jaman dulu, tepat pada tahun 1940an, para selebriti Hollywood menggunakan alat kecantikan canggih berupa masker dengan es balok dari plastik. Pada jaman itu masker es batu yang diproduksi oleh perusahaan kosmetik Max Factor yang telah berdiri sejak 1909 ini begitu terkenal. Masker ini dapat mengecilkan pori-pori hingga kulit terlihat lebih kencang, tampak lebih muda, dan bebas minyak. Cara pemakaiannya adalah dengan mengisi masker dengan air kemudian disimpan di dalam lemari pendingin. Setelah beku dan muncul balok-balok es, bisa ditempelkan pada wajah. Masker ini juga digunakan sebagai penyegar wajah yang tampak lesu karena kurang tidur. Masker unik dan super dingin ini populer dan menjadi favorit di kalangan artis pada masa itu.

2. Glamour Bonner untuk wajah merona
Glamour bonner
Di tahun 1940an, jika ingin memiliki wajah yang merah merona secara alami digunakanlah alat sauna wajah ini. Alat yang dinamakan glamour bonner ini berfungsi untuk menurunkan tekanan udara di sekitar wajah sehingga menghasilkan efek wajah segar dan bersemu seperti habis berolahraga atau jalan sehat dari pegunungan. Alat yang mirip dengan steamer ini dipercaya bisa menghilangkan lelah dan penat karena mampu menurunkan tekanan di area kepala dan menurunkan kadar stress.  Meskipun bentuknya aneh, namun alat ini menjadi favorit banyak wanita pada zamannya.

3. Alat pembuat lesung pipi
Alat pembuat lesung pipi
Lesung pipi adalah cekungan pada pipi yang membuat seseorang terlihat lebih manis saat tertawa dan terkadang menjadi parameter kecantikan atau ketampanan seseorang. Tetapi tidak semua orang beruntung dengan dianugerahi lesung di kedua pipinya. Di zaman dulu, lesung pipi bisa dibentuk dengan alat ini. Alat yang diciptakan di New York pada tahun 1936 ini terbuat dari semacam kawat yang dipasang melingkari rahang pipi hingga atas dagu. Tepat di bagian kedua pipi terdapat kenop kecil yang akan menekan kulit pipi dan dapat menghasilkan cekungan seperti lesung pipi. Umumnya alat ini digunakan saat tidur di malam hari.

4. Alat pengeriting rambut
Alat pengeriting rambut
Bersyukurlah wanita yang hidup di jaman sekarang yang bisa mengeriting rambutnya secara mandiri di rumah dengan alat keriting rambut sederhana. Atau jika ingin praktis tinggal pergi ke salon dan menghabiskan 1-2 jam untuk mendapatkan tatanan rambut keriting sesuai keinginan. Di jaman dulu pada masa sebelum Perang Dunia para wanita harus menunggu berjam-jam di bawah alat pengeriting untuk mendapatkan rambut keriting. Alat ini merupakan kesatuan alat kompleks yang terdiri dari banyak sulur yang bisa digunakan untuk mengeriting setiap bagian rambut. Setiap bagian rambut dimasukkan dalam alat seperti pita kemudian dijepit dengan besi panas. Jika dilihat sekilas, alat ini mirip dengan pada kursi listrik yang dipakai untuk menghukum seseorang.

5. Freckleproof Cape, tudung anti matahari
Freckleproof cape
Jubah bernama freckleproof cape ini adalah alat untuk menghindarkan efek buruk sengatan matahari pada jaman dulu. Di jaman sekarang kita tinggal mengoleskan sunblock atau tabir surya untuk menghindari kulit terbakar karena matahari. Jubah berbentuk tudung ini dilengkapi juga dengan kacamata hitam. Bentuknya yang aneh membuat si pemakai akan terlihat seperti alien atau makhluk asing dari planet lain. Meskipun demikian, jubah tersebut dinilai efektif melindungi dari sengatan matahari sehingga tetap banyak digemari untuk kegiatan outdoor.

6. Mesin penghilang bintik hitam di wajah
Mesin penghilang bintik hitam di wajah
Mesin yang populer pada era 1930an ini dibuat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah dengan cara membekukannya menggunakan karbon dioksida. Alat ini berupa pipa-pipa kaca kecil yang dihubungkan ke selang karet yang terhubung dengan pompa penyedot. Ketika gas karbon dioksida diaplikasikan, mata dan hidung pasien ditutupi dengan alat hampa udara untuk menghidari resiko gas tersebut merusak mata dan terhirup oleh hidung. Pasien bisa bernapas lewat semacam selang yang dipasang di mulut. Terapi ini sangat beresiko karena menghirup karbon dioksida dalam jumlah tertentu bisa menyebabkan keracunan hingga kematian.

7. Hair dryer yang sangat besar
Hair dryer raksasa
Jaman sekarang hair dryer diciptakan dengan berbagai ukuran dan kegunaan. Sehingga saat anda sedang terburu-buru menghadiri suatu acara sementara rambut anda masih basah, anda mudah saja mengeringkan sendiri rambut anda dengan hair dryer dalam waktu sekejap kemudian menatanya sesuai keinginan. Hair dryer di jaman dulu adalah sebuah mesin besar dan merepotkan yang merupakan sebuah mesin pendorong uap panas dengan bagian kipas cerobong yang terbuka. Sehingga alat ini tak hanya dapat mengeringkan rambut tapi wajah dan gigi ikut kering. Karena begitu panasnya uap yang dikeluarkan mesin ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alat Kecantikan Masa Lalu"

Posting Komentar