Persahabatan Hewan Buas dengan Mangsanya

Tingkah laku hewan yang terkadang unik memang menarik untuk diteliti. Sama seperti manusia, beberapa spesies hewan juga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi, bahkan menjalin persahabatan. Banyak kisah persahabatan hewan yang menyebar di media yang menyentuh hati kita. Namun beberapa persahabatan antar hewan ini ini cukup luar biasa, karena hubungan yang tidak biasa. Hewan-hewan buas bisa bersahabat dengan mangsanya sendiri. Inilah persahabatan hewan dengan mangsanya:

1. Persahabatan Harimau Siberian dengan Kambing
Harimau Siberian dan kambing
Kambing merupakan hewan herbivora yang biasanya menjadi mangsa empuk bagi harimau. Namun di Primorsky Safari Park di kota Vladivostok, Rusia, ada kambing yang berhasil menaklukkan hati seekor harimau Siberian dan akhirnya menjadi sahabat karibnya. Suatu hari kambing bernama Timur ini dimasukkan ke kandang sang harimau yang bernama Amur untuk menjadi hidangan makan malamnya. Namun Timur tidak takut dengan Amur dan secara agresif mendekatinya. Kelakuannya ini membuat harimau memutuskan untuk tidak memangsa Timur dan bersahabat dengan sang kambing. Tidak hanya berteman, harimau Siberian ini sangat protektif terhadap sahabatnya. Dia selalu mengawasi sahabatnya dengan berjaga-jaga di atas tempat tidur Timur, si kambing. Jika ada yang mendekati kambing, harimau ini langsung mengaum dan mengancam hewan atau orang yang mendekati mereka. Primorsky Safari Park kemudian menjadi ramai oleh pengunjung yang penasaran dan ingin memyaksikan langsung persahabatan yang unik antara Amur dan Timur.

2. Persahabatan hamster dan ular di kebun binatang Tokyo
Hamster dan ular
Kejadian yang sama juga terjadi di Tokyo Mutsugoro Animal Kingdom. Kali ini seekor ular bernama Ao-chan menjalin persahabatan dengan seekor hamster. Awalnya si hamster dimasukkan ke kandang Ao-chan sebagai makanan pengganti karena ular ini menolak makan tikus beku yang disediakan kebun binatang. Bukannya memakannya, Ao-chan malah bersahabat dengan hamster yang baru masuk ke kandangnya. Persahabatan ini membuat mereka sering dikunjungi oleh para pengunjung. Beberapa pengunjung mengabadikan persahabatan yang tidak biasa ini. Hamster yang kemudian diberi nama Gohan ini suka sekali memanjat ke punggung Ao-chan dan tidur santai di atas punggung sahabatnya. Gohan sendiri artinya nasi, atau dalam kasus ini "makanan" karena sejatinya Gohan adalah makanan bagi Ao-chan. Petugas kebun binatang mengakui mereka sering melakukan beberapa percobaan untuk menyatukan hewan-hewan yang berbeda jenis di dalam satu kandang. Namun kasus Gohan dan Ao-chan adalah kebetulan yang tidak disangka-sangka.

3. Persahabatan kucing dan ular
Kucing dan ular
Jika dua persahabatan sebelumnya terjadi di taman lindung dan kebun binatang, persahabatan kucing dan ular yang satu ini terjadi di rumah seseorang. Seorang wanita memelihara kucing dan ular secara bersamaan di rumahnya. Tanpa disadari kucing dan ular peliharaannya bisa bersahabat. Dia pun merekam momen-momen saat sang ular dan sang kucing bermain bersama. Si ular mendekati kucing secara perlahan dan sang kucing pun tidak ketakutan. Beberapa kali ular naik ke punggung kucing sambil menjulur-julurkan lidahnya. Si kucing yang terlihat manja ini hanya diam, sesekali menggerakkan kepalanya namun kadang sang kucing mendekati punggung ular dan menjilat-jilat sang ular. Di dunia liar ular dan kucing biasanya langsung bertarung. Sang ular bisa dengan sigap mematuk dan menelan kucing menjadi mangsanya.

4. Persahabatan beruang dengan serigala
Beruang dan serigala
Dua hewan berikut ini seringkali bermusuhan. Serigala dan beruang merupakan karnivora yang tangguh di alam liar. Jika mereka bertemu dan bertarung, terkadang yang satu jadi mangsa bagi yang lain. Beruang sesekali memangsa serigala, demikian pula sebaliknya. Namun tidak demikian yang terjadi pada beruang coklat dan serigala yang momennya berhasil diabadikan oleh seorang fotografer Finlandia bernama Lassi Rautiainen. Kedua hewan karnivora ini tampak rukun dan bersahabat. Lassi mengikuti kedua hewan ini selama 10 hari dan mendapatkan foto-foto yang menunjukkan keakraban mereka. Keduanya tampak berjalan beriringan, bersantai bersama, saling memberi kasih sayang, saling berbagi makanan, atau berburu bersama. Sungguh berbeda dengan keadaan yang biasa terjadi dimana mereka biasanya saling bertarung memperebutkan makanan.

5. Persahabatan anjing dan tikus
Anjing dan tikus
Tikus dan anjing biasa tinggal di rumah manusia namun mendapatkan perlakuan yang berbeda. Tikus menjadi hewan yang dibenci karena jorok dan suka mencuri makanan, sementara anjing menjadi hewan kesayangan seperti halnya kucing. Anjing atau kucing tidak suka dengan keberadaan tikus di rumah. Mereka biasanya membantu majikannya untuk menangkap tikus-tikus yang berkeliaran di rumah. Namun tidak demikian halnya dengan Osiris, seekor anjing Shepherd Belanda. Ia bisa bersahabat dengan Riff Ratt, seekor tikus yang dibeli majikannya dari seorang peternak tikus untuk menemani Osiris. Persahabatan mereka yang unik diunggah di akun instagram dan youtube. Osiris dan Riff Ratt hidup rukun dan saling mengasihi. Osiris tidak pernah berniat memangsa atau menyakiti Riff Ratt. Si tikus pun tidak pernah merasa ketakutan. Dia bahkan berani membersihkan gigi temannya dengan masuk ke dalam mulut Osiris.

6. Persahabatan harimau dan anjing
Harimau dan anjing
Anak harimau yang bersahabat dengan anjing mungkin sudah menjadi pemandangan biasa bagi kita. Tetapi jika yang bersahabat dengan anjing adalah seekor harimau Bengal dewasa mungkin masih merupakan hal yang mengejutkan. Panjo adalah harimau Bengal berusia 19 bulan yang dipelihara oleh Goosey Fernandes di dekat Pretoria, Afrika Selatan. Panjo sudah tinggal dengan keluarga ini sejak ditinggal mati oleh ibunya saat masih berusia 3 minggu. Panjo sudah bersahabat dengan keluarga ini bagai kucing peliharaan saja. Ia bahkan bersahabat dengan hewan peliharaan keluarga ini yang lain. Panjo suka bermain dengan Jack, anjing peliharaan Fernandes. Mereka sering bermain bersama, layaknya saudara. Panjo kadang mencuri dan menyembunyikan tulang milik Jack. Lalu mereka berlarian bersama, bergulingan, dan melakukan apapun bersama tanpa pernah saling menyakiti.

7. Persahabatan monyet dan harimau
Monyet dan harimau
Persahabatan hewan yang terakhir adalah monyet dan harimau. Di kebun binatang di Heifei, provinsi Anhui, China, ada seekor monyet rhesus bernama Taoqi yang bersahabat dengan seekor harimau. Si monyet sama sekali tidak takut dengan predator paling ditakuti di hutan ini. Dengan santainya Taoqi memanjat punggung sang harimau atau memeluknya, bahkan memukul wajahnya. Foto-foto kedekatan mereka diunggah di situs dailymail. Monyet rhesus yang berasal dari Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara ini memang dikenal sebagai hewan yang pemberani dan bersahabat bahkan dengan manusia. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Persahabatan Hewan Buas dengan Mangsanya"

Posting Komentar