Pengobatan Vertigo Secara Alami

Vertigo sudah menjadi penyakit yang tak asing lagi kita dengar. Nama vertigo sendiri berasal dari bahasa Latin vertō yang berarti gerakan berputar. Vertigo merupakan salah satu bentuk sakit kepala dimana penderitanya akan mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya seperti gerakan berputar atau melayang yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular yang terletak di telinga bagian dalam. Biasanya penderita vertigo akan merasa dirinya atau lingkungan sekitarnya berputar walaupun badannya tidak bergerak. Gejala awal vertigo biasanya ditandai dengan rasa mual, muntah, telinga berdengung, bola mata bergerak-gerak, diikuti dengan kesulitan menjaga keseimbangan badan berbahaya bagi penderitanya karena dapat terjatuh. Selain mendapatkan perawatan dari dokter spesialis dan mengkonsumsi obat yang diresepkan untuk meringankan vertigo, ada beberapa cara pengobatan secara alami yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan vertigo sebagai berikut:

1. Posisikan kepala lebih tinggi dari badan saat duduk maupun berbaring
Posisikan kepala lebih tinggi dari badan
Vertigo biasanya terjadi jika kristal kalsium karbonat kecil di salah satu bagian dalam telinga bergerak ke bagian lain dalam telinga sehingga mengganggu keseimbangan. Karena itu posisi terbaik saat tidur adalah berbaring telentang dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan. Berikan tambahan bantal pada kepala agar posisi antara kepala dan badan tidak terlalu sejajar atau posisi kepala tidak lebih rendah dari badan. Hindari tidur dengan posisi tengkurap atau berbaring miring serta bertumpu pada sisi kepala yang sering mengalami vertigo agar tidak memicu serangan vertigo. Untuk posisi duduk terbaik adalah dalam posisi tegak dengan pandangan lurus ke depan. Jika serangan vertigo terjadi secara tiba-tiba duduklah dalam posisi tegak sambil menutup mata atur napas untuk menstabilkan keseimbangan.

2. Angkat kepala dan gerakkan badan secara perlahan
Lakukan gerakan secara perlahan
Cara lain untuk mencegah kambuhnya vertigo adalah dengan cara tidak melakukan gerakan secara tiba-tiba terutama saat mengangkat kepala ataupun berpindah posisi dari posisi berbaring ke posisi duduk ataupun dari posisi duduk ke posisi berdiri. Gerakan pertama saat bangun tidur yang disarankan adalah dengan melakukan posisi duduk terlebih dahulu selama beberapa detik sebelum berdiri. Sehingga sistem peredaran darah dapat melakukan penyesuaian dengan perubahan posisi tubuh. Selain itu para penderita vertigo dapat melakukan beberapa latihan metode Brandt-Daroff yang dapat dilakukan di rumah sebagai berikut:
Pertama duduk tegak dengan kedua tungkai kaki tergantung di tepi tempat tidur. Kemudian tutup kedua mata dan baringkan tubuh dengan cepat ke salah satu sisi. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik lalu duduk kembali sebagaimana posisi duduk awal selama 30 detik lagi. Setelah itu baringkan kembali tubuh dengan cepat ke posisi berlawanan dan pertahankan posisi selama 30 detik kemudian duduk kembali. Dengan melakukan latihan ini secara rutin dipercaya dapat mengatasi datangnya vertigo.

3. Kurangi gerakan membungkuk
Hindari membungkuk secara langsung
Serangan vertigo yang terjadi bisa beragam, ada yang terjadi selama beberapa menit, beberapa jam, bahkan ada yang bertahan hingga seminggu lamanya. Sehingga selain mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, penderita vertigo juga dianjurkan untuk melakukan terapi. Karena jika vertigo dibiarkan saja tanpa diobati dapat mengakibatkan efek yang lebih berbahaya seperti penyakit meniere yang langka. Terapi yang dapat dilakukan penderita vertigo antara lain dengan menghindari gerakan membungkuk. Kalaupun terpaksa harus mengambil suatu barang yang jatuh lebih baik tekuklah lutut dengan posisi badan tetap tegak tanpa perlu menekuk tubuh bagian pinggang menunduk ke depan yang dapat memicu datangnya vertigo. Posisi saat berjalan juga dianjurkan berfokus pada obyek yang jauh dan jangan menunduk dan melihat ke bawah kaki agar kepala tidak cepat menjadi pusing. Untuk penderita vertigo yang hobi berolahraga sebaiknya menghindari gerakan olahraga yang mengharuskan tubuh terbalik atau membungkuk ke depan.

4. Hindari kegiatan yang mengharuskan kepala mendongak
Jangan mendongak secara tiba-tiba dan dalam waktu lama
Pengobatan alami terakhir yang dapat dilakukan sendiri di rumah adalah dengan menghindari atau mengurangi gerakan yang mengharuskan kepala mendongak atau menghadap ke atas. Karena mendongakkan kepala terlalu sering dapat memicu serangan sakit kepala dahsyat dari vertigo. Jika ingin melihat sesuatu yang letaknya di atas disarankan untuk menggerakkan kepala secara perlahan hingga mencapai posisi yang diinginkan dan jangan mempertahankan posisi tersebut terlalu lama.

Selain melatih dan menerapkan gerakan-gerakan tersebut, menjaga pola hidup sehat dengan tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, berkafein, dan menghindari makan makanan berminyak juga dapat mengurangi serangan vertigo. Yang tidak kalah penting jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan dan terapi yang tepat sesuai dengan jenis vertigo yang diderita.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengobatan Vertigo Secara Alami"

Posting Komentar