Tumbuhan Raksasa di Dunia

Jika kita mendengar kata raksasa akan identik dengan segala sesuatu yang memiliki ukuran yang sangat besar atau sangat tinggi melebihi ukuran normal pada umumnya. Trol adalah sosok raksasa yang sering digambarkan dalam film atau mitologi. Selain berbentuk makhluk yang biasanya menyeramkan, kata raksasa juga layak disematkan kepada tumbuhan-tumbuhan berukuran luar biasa ini. Bagaimana tidak, ukuran tumbuhan-tumbuhan berikut ini akan membuat mata kita tercengang. Baru-baru ini sebuah pohon pisang raksasa heboh diperbincangkan para netizen karena ukurannya yang melebihi rata-rata pohon pisang pada umumnya. Selain itu ada juga bunga matahari raksasa, daun raksasa, dan pohon raksasa dengan ukuran jauh di atas normal.
Berikut tumbuhan raksasa di dunia:

1. Pohon dan buah pisang raksasa di Papua Barat, Indonesia
Pohon dan buah pisang raksasa
Pernahkah anda membayangkan memakan buah pisang yang ukurannya sebesar paha orang dewasa? Jika buahnya saja sebesar ini, bagaimana dengan pohonnya? Fenomena pohon pisang raksasa ini ternyata bisa ditemui di Indonesia. Tepatnya di kawasan Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat. Bila tinggi pohon pisang pada umumnya rata-rata mencapai 2 atau 3 meter dengan ukuran buah rata-rata sepanjang 10-20 cm, maka pohon pisang raksasa yang hanya tumbuh di Papua dan Papua Nugini ini bisa tumbuh hingga setinggi 25 meter. Ukuran-ukuran kesemua bagian pohon pisang ini serba raksasa. Diameter pohon pisang raksasa ini bisa mencapai 2 meter yang hanya bisa dipeluk oleh dua orang dewasa. Panjang batang daunnya ada yang mencapai 5 meter dengan lebar daun sekitar 1,6 meter. Sedangkan buah pisangnya sendiri bisa mencapai berat 30 sampai 60 kg. Saking raksasanya masyarakat setempat mengatakan meskipun pohon pisang ini berada di dalam hutan, tetapi bisa dilihat dari pinggir jalan. Pohon pisang raksasa yang dikenal sebagai Musa ingens ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti bernama Jeff Daniells yang mematenkan penemuan ekspedisinya pada 1992 lalu. Pada akhir Agustus 2015 botanis sekaligus fotografer Malaysia bernama Chi'en C. Lee berkunjung ke Pegunungan kemudian memposting hasil fotonya di jejaring sosial. Karena ukuran yang super, pisang raksasa langka asli Papua ini pun sukses menjadi trending topic di kalangan netizen. 

2. Teratai raksasa di Amazon dan Indonesia
Teratai raksasa
Tumbuhan raksasa berikutnya adalah teratai raksasa yang lebar daunnya bisa mencapai 3 meter. Teratai dengan nama Victoria Amazonica ini merupakan salah satu bunga terbesar di dunia. Daun dari bunga ini memiliki diameter 1,5-3 meter dan mampu menahan beban seberat 12 kg. Panjang tangkai penopangnya di dalam air saja mencapai 7-8 meter. Dan di tiap tanamannya terdapat 6-9 helai daun sehingga untuk satu teratai jenis ini membutuhkan lahan atau kolam sebesar 6-10 meter. Teratai Victoria ini berasal dari perairan dangkal sungai Amazon, Amerika Selatan. Kemudian teratai Victoria tumbuh menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk ke Indonesia yang bisa kita temukan di kolam Taman Astrid di Kebun Raya Bogor. Uniknya lagi, teratai Victoria mampu menampung seorang anak berumur 3 tahun di atasnya tanpa tenggelam. Hal ini disebabkan karena tumbuhan raksasa ini memiliki daun yang cukup tebal hingga mampu menahan beban. Bunganya sendiri bila sudah mekar sempurna memiliki diameter 40 cm, jauh lebih besar dari teratai umumnya yang berukuran sekitar 5-10 cm saja. 

3. Bunga matahari raksasa di Westfalen, Jerman
Bunga matahari raksasa
Bunga matahari yang sering kita lihat umumnya tingginya sekitar 2-3 meter saja. Tapi bunga matahari yang dikembangkan oleh Hans-Peter Schiffer di Westfalen, Jerman tingginya bisa mencapai 9,17 meter dan menjadi bunga matahari tertinggi di dunia versi Guiness World record pada 28 Agustus 2014 lalu. Rekor yang dimiliki oleh bunga matahari raksasa memecahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Hans-Peter. Hans-Peter Schiffer sendiri sebelumnya sudah memegang rekor memiliki bunga matahari tertinggi sebanyak tiga kali yaitu pada 2009 dengan tinggi 8,03 meter, 2012 dengan tinggi 8,23 meter, dan 2013 dengan tinggi 8,75 meter. Tentu saja untuk memegang dan memetik bunga matahari raksasa butuh usaha ekstra dengan menggunakan beberapa tingkat anak tangga. Tidak seperti memetik bunga matahari pada umumnya dengan hanya berdiri sambil berjinjit saja.

4. Pohon Hyperion setinggi 115 meter di California, Amerika Serikat
Pohon Hyperion
Sebuah tumbuhan raksasa ditemukan di California utara pada 25 Agustus 2006 lalu bernama Hyperion. Pohon raksasa yang ditemukan oleh Chris Atkins dan Michael Taylor ini tumbuh di California utara dan dijuluki sebagai pohon tertinggi di dunia dengan mencapai ketinggian kurang lebih 115,6 meter. Untuk mendapatkan ketinggian yang lebih akurat, pengukuran dilakukan dengan cara langsung yaitu dengan cara memanjat pohon tersebut dan menjatuhkan alat ukur dari puncaknya langsung ke tanah. Dengan ketinggian sekian, pohon ini mengalahkan tinggi Patung Liberty di New York Amerika Serikat yang tingginya sekitar 93,1 meter dan jam Bigben di Inggris yang tingginya sekitar 96 meter. Pohon yang diperkirakan telah berumur 700 hingga 800 tahun ini ditemukan di daerah terpencil di Taman Nasional Reedwood. Menurut Michael Taylor, pohon Hyperion ini masih bisa tumbuh lebih tinggi lagi. Tapi pertumbuhannya dihambat oleh burung pelatuk yang menempati pohon bagian atas. 

5. Tanaman Gunnera Manicata di Inggris memiliki daun selebar 3 meter
Tanaman Gunnera manicata
Tanaman Gunnera Manicata yang ditanam di kebun subtropis Abbotsburry di Dorset, Inggris ini memiliki daun raksasa selebar 3,3 meter. karena ukuran daunnya yang super besar, orang yang berada di dekatnya akan terlihat seperti manusia kerdil. Tanaman yang berasal dari Brazil ini telah tumbuh di kebun tersebut selama 30 tahun terakhir. Hingga pada 2012 daunnya tumbuh lebih lebar dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena musim panas yang basah membuat daunnya lebih panjang 1 meter dari ukuran normal. Kurator Steve Griffith mempercayai bahwa ukuran daun ini adalah yang paling besar di Inggris. Pertumbuhan Gunnera Manicata lebih cepat dari tanaman lain dan memiliki kemampuan bertahan di daerah dingin bahkan lebih aktif. Sepintas tanaman ini terlihat biasa dan tidak berbahaya, namun di bagian bawah daun dan tangkainya terdapat ribuan duri kecil yang sangat tajam. 

6. Daun Sang, daun raksasa penghuni Sumatra, Indonesia
Daun Sang
Sebagian besar masyarakat mungkin belum pernah mendengar daun Sang atau daun payung. Padahal Kementrian Kehutanan Republik Indonesia mengklaim daun sang sebagai tanaman endemik Sumatra. Berbagai sumber menyatakan bahwa tanaman asal Sumatra ini juga terdapat di Inggris, Thailand, Malaysia, dan Tiongkok. Daun Sang ditemukan oleh Profesor Teijsman, seorang profesor botani asal Belanda. Tanaman bernama ilmiah Johannestijsmania altifrons ini pertama ditemukan di Sumatra pada awal abad lalu. Tanaman ini memiliki ukuran daun yang super besar dengan lebar mencapai 1 meter dan panjang mencapai 6 meter. Daun super besar ini meruncing di bagian pangkal dan ujung dan melebar di bagian tengahnya. Tepian daun sang pun unik karena bergerigi. Namun geriginya ini tidak tajam dan tidak akan menyebabkan luka. Karena ukuran daunnya yang super besar ini daun sang dulu dimanfaatkan untuk dijadikan atap rumah ataupun atap gubuk di ladang. Cukup dengan menjemurnya hingga cukup kering kemudian dianyam, daun sang sudah bisa dijadikan atap. Saat ini daun sang masuk dalam daftar tanaman yang hampir punah dikarenakan kegiatan pembukaan lahan, illegal logging, dan pembakaran hutan gila-gilaan dan ilegal oleh oknum-oknum rakus dan tak bertanggung jawab. Untuk mencegah punahnya tumbuhan raksasa ini, upaya pencegahan pembukaan hutan perlu digalakkan. Kondisi daun sang yang tidak tahan panas makin menghambat perkembangbiakannya karena pepohonan rindang yang berperan melindunginya dari sengatan matahari sudah semakin menipis. 

7. Pohon palem tertinggi di dunia ada di Kolombia
Pohon palem tertinggi
Palem atau pinang-pinangan merupakan tanaman yang banyak jenisnya dan memiliki banyak manfaat juga. Salah satu contoh pohon yang termasuk jenis tanaman palem adalah kelapa. Pohon palem yang biasa kita temui umumnya memiliki tinggi maksimal hingga 25 meter. Tapi jenis pohon palem yang ditemukan di Kolombia ini tingginya nyaris tiga kali lipat dari ukuran normal yakni mencapai 60 meter. Wax Palm atau Palma de cera adalah pohon nasional Kolombia yang juga merupakan palem tertinggi di dunia. Kita dapat menemukan pohon palem ini tumbuh secara eksklusif dalam kelompok besar yang berisi ratusan pohon di lereng-lereng lembah tinggi Cocora, di Quindio, barat laut Kolombia. Lembah Cocora merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Los Nevados yang terletak di hulu sungai Quindio, pada ketinggian antara 2500 dan 2800 meter. Pohon palem raksasa yang dapat hidup sampai 120 tahun ini memiliki daun berwarna hijau gelap dan kelabu serta batang silindris yang halus berwarna terang dan ditutupi dengan wax atau semacam lilin. Wax dari pohon raksasa ini digunakan untuk membuat sabun dan lilin.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tumbuhan Raksasa di Dunia"

Posting Komentar