Keunikan Siberian Husky

Sifat anjing yang setia dan bisa dimanfaatkan sebagai penjaga rumah membuat anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh manusia. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari anjing yang bertampang manis dan lucu seperti pudel, Cihuahua dan Hungarian sampai anjing yang tampangnya lebih sangar dan gagah seperti Rottweiler, Doberman, atau Pitbull. Siberian Husky adalah jenis anjing yang cukup populer belakangan ini. Anjing ini memiliki perpaduan sifat antara lucu, tampan, gagah, dan tangguh. Berikut adalah beberapa keunikan seputar anjing Siberian Husky:
1. Sejarah Siberian Husky
Siberian husky sebagai penarik kereta salju (kiri), patung Balto di Central Park, New York (kanan)
Yang pertama adalah mengenal awal mula kemunculan anjing Siberian Husky. Penamaan Siberian Husky diambil dari nama daerah tempat anjing ini berasal yaitu Siberia. Namun seiring dengan berjalannya waktu anjing ini menyebar ke Alaska. Sebelum menjadi anjing yang banyak dipelihara seperti sekarang ini, anjing Siberian Husky awalnya dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia Timur Laut dan dimanfaatkan sebagai penarik kereta salju dengan membawa beban di atasnya. Husky berasal dari kata eski yang merupakan kependekan dari nama eskimo dan digunakan oleh penduduk setempat untuk menyebut anjing mereka. Pada tahun 1909 sejumlah anjing ini dibawa ke Alaska untuk mengikuti pertandingan jarak jauh seluruh Alaska. Di sanalah ketahanan dan kecepatan Siberian Husky mulai dikenal luas. Ketika wabah dipteri melanda daerah terpencil di Alaska yaitu kota Nome pada musim dingin di tahun 1925, dikirimlah tim estafet anjing Siberian Husky yang membawa serum penyelamat hidup manusia dari daerah Neana yang jaraknya cukup jauh. Usaha keras disertai semangat kepahlawanan dari para pengendara dan anjingnya ini mendapatkan penghargaan nasional. Untuk memperingati peristiwa itu, dibuatlah sebuah patung dari salah satu anjing penarik kereta tersebut yang bernama Balto di Central Park, New York, Amerika Serikat. Patung Balto ini semakin menjadi perhatian sejak film animasinya yang berisi kisah nyata keberanian anjing kereta luncur menghadapi cuaca ekstrim bersalju untuk menyelamatkan hidup manusia ditayangkan pada tahun 1995.

2. Bentuk fisik
Siberian husky dengan beberapa corak warna bulu (kiri), postur tegap Siberian husky (kanan)
Secara fisik Siberian Husky adalah anjing yang berukuran sedang, memiliki postur yang tegap, kokoh, dan atletis layaknya olahragawan. Selain itu pergerakan Siberian Husky juga terlihat anggun namun cepat, bebas, dan ringan. Anjing ini memiliki bentuk tubuh yang padat dengan bulu yang lebat dan sangat indah dengan berbagai corak misalnya perpaduan warna putih-coklat, putih-hitam, putih-abu-abu dan lain-lain. Bulu bagian wajah dan tubuh bagian bawah biasanya berwarna putih dan sisanya memiliki corak warna lain. Bulu dari Siberian Husky ini terdiri dari dua lapisan dimana lapisan luar dan dalamnya sangat lembut dan halus. Tinggi ideal Siberian Husky jantan adalah 52,5-58,75 cm dengan berat sekitar 27 kg sedangkan betina memiliki tinggi ideal 50-55 cm dengan berat sekitar 22,5 kg. Salah satu bagian lain dari tubuh Siberian Husky yang menarik adalah matanya. Bagian mata dari Siberian Husky sangat mencolok. Ada yang berwarna biru, dan ada juga yang berwarna coklat. Terkadang Siberian Husky bermata parti-eyed (setengah biru setengah coklat) atau bi-eyed (satu mata berwarna biru dan satunya lagi coklat). Selain itu bentuk telinga Siberian Husky yang tegak dan ekornya yang seperti sapu menandakan anjing ini berasal dari daerah utara. Siberian Husky merupakan pelari yang cepat dengan ukuran kaki yang tidak begitu besar dan telapak kaki yang bentuk jari-jarinya sangat cocok untuk digunakan berlari di es. Anjing ini sebenarnya hanya cocok untuk dipelihara di tempat yang bersuhu udara dingin atau penuh dengan salju. Dipelihara di negara beriklim subtropis saja tidak cocok, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Jadi bila anda ingin memelihara jenis anjing ini disarankan untuk merawatnya di ruangan ber-AC agar dia tidak kepanasan. Bila kepanasan maka bulunya yang lebat akan rontok. Secara keseluruhan bentuk fisiknya memang memungkinkan mereka untuk hidup di suhu udara yang sangat dingin. Bahkan mereka bisa hidup di suhu -50 derajat celcius tanpa alat bantu buatan.

3. Kebiasaan dan tingkah laku
Siberian husky bersahabat dengan manusia (kiri) atau sesama anjing (kanan)
Siapa pun akan jatuh cinta melihat bentuk fisik dari anjing Siberian Husky ini. Meskipun tampangnya mirip dengan serigala, namun anjing jenis ras ini tidak cocok menjadi anjing penjaga. Keunikan anjing Siberian Husky terletak pada perangainya yang manja. Mereka sangat penuh kasih, lembut, ramah dan memiliki watak yang bersahabat, karena itu Husky cepat akrab dengan siapa saja. Ia selalu menunjukkan ketidaktakutan kepada orang asing dan akan menyambut tamu dengan ramah. Namun bila anjing ini diserang, sikapnya akan waspada bahkan tak segan untuk membunuh. Karena naluri predatornya yang tinggi, disarankan untuk menjauhkan Husky dari hewan-hewan kecil seperti hamster, tikus, burung, tupai, kucing, ataupun kelinci karena sering dijadikan sasaran yang potensial. Siberian Husky anjing yang sangat aktif dan selalu membutuhkan kehadiran kawan baik itu sesama anjing ataupun manusia. Mengingat sejarahnya sebagai penarik kereta salju, mereka menyukai olahraga berat terutama di musim dingin dan akan bosan bila tidak berolahraga atau melakukan aktifitas. Mereka suka sekali berlari, tidak seperti anjing ras lain yang bila dilepas di kebun akan tahan berdiam untuk beberapa lama, Siberian Husky justru akan berlarian tanpa kenal lelah. Karena sifatnya yang manja, mereka akan gelisah bila ditinggal terlalu lama. Jika sudah begini dia bisa melolong tanpa sebab atau bahkan merusak benda-benda. Karena itu bila anda adalah orang yang super sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu untuk bermain bersama anjing kesayangan anda, maka Siberian Husky bukanlah pilihan anjing peliharaan yang tepat untuk anda. Siberian Husky sangat cerdas dan mudah dilatih. Mereka bisa dilatih untuk mengikuti instruksi bahkan untuk menirukan beberapa ucapana manusia. Selain itu mereka juga dapat bertahan dan berkembang dengan asupan makanan yang minim.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keunikan Siberian Husky"

Posting Komentar