Aksi Hewan Buas Berhati Mulia

Aksi keganasan hewan-hewan buas di alam liar ketika sedang memangsa mungkin sering kita dengar dan saksikan. Tanpa kenal ampun, tak ada belas kasihan, dan tak memberikan kesempatan sedikitpun pada hewan yang mereka tangkap. Semuanya habis disantap. Namun di antara sekian banyak hewan buas, beberapa hewan ini ternyata masih memiliki rasa iba. Mereka menyelamatkan hewan-hewan lemah dengan menunjukkan kasih sayang yang luar biasa. Berikut aksi hewan buas berhati mulia:

1. Leopard menyelamatkan bayi babon
Leopard menyelamatkan bayi babon
Aksi hewan buas berhati mulia pertama adalah aksi penyelamatan seekor bayi babon oleh seekor leopard. Kisah berawal ketika seekor leopard betina sedang mengitari hutan mencari mangsa. Hewan buas ini kemudian melihat seekor babon betina dan langsung mengincarnya. Dengan sekali terkaman, babon betina ini langsung tewas dan sang leopard membawanya ke tempat dimana ia bisa menikmati hasil buruannya ini. Leopard ini tak menyadari bahwa babon betina buruannya sedang menyusui bayinya. Bayi babon di tubuh induknya ini memeluk erat tubuh sang induk. Hingga kemudian sang leopard sadar dan perhatiannya segera teralih pada bayi babon mungil ini. Hal yang berikutnya terjadi sungguh menakjubkan. Hewan buas ini bukannya memangsa sang bayi babon, ia justru membawanya ke tempat yang aman dan melindunginya dari serangan predator ganas lainnya. Sepertinya sang leopard merasa berdosa. Mungkin ia merasa bersalah karena telah membunuh induk sang bayi.

2. Beruang selamatkan burung gagak
Beruang menyelamatkan gagak
 Sebuah aksi penyelamatan heroik dipertontonkan oleh seekor beruang grizzly terhadap burung gagak yang tenggelam di sebuah kolam. Beruang coklat di kebun binatang Budapest, Hungaria ini terlihat tengah berusaha menyelamatkan gagak naas ini setelah mendengar suara gagak saat berupaya berenang ke tepian kolam. Uniknya beruang ini menyelamatkan gagak dengan cara menggigit sayap kanannya dan menarik ke pinggir kolam. Awalnya pengunjung kebun binatang berteriak panik saat beruang berusaha mendekati dan menggapai gagak yang kewalahan menyelamatkan diri agar tidak tenggelam. Pengunjung makin histeris saat beruang mengangkat gagak keluar dari kolam dengan cara menggigit sayapnya. Mereka mengira sang beruang akan memangsanya. Namun setelah berhasil mengangkat gagak ini, sang predator kemudian meninggalkannya di pinggir kolam tanpa menyakiti gagak tersebut dan melanjutkan aktifitas makannya sebelum menyelamatkan si gagak.

3. Seekor singa selamatkan bayi lembu
Singa menyelamatkan bayi lembu
Aksi hewan buas berhati mulia selanjutnya adalah aksi penyelamatan bayi lembu oleh seekor singa yang hendak diserang singa lainnya. Awalnya seekor bayi lembu tengah berjalan-jalan di sebuah lahan hijau. Beberapa saat kemudian seekor singa mendekat. Sontak hal ini mengejutkan sang bayi lembu. Ia segera berlari menghindari sang singa. Namun singa ini mengejarnya. Ternyata predator buas ini bukannya hendak memangsa melainkan hanya ingin bermain-main dengan bayi lembu yang lucu ini. Saat ada seekor singa lain mendekat dan menyerang si bayi lembu, tanpa diduga singa baik hati ini langsung melindungi si bayi lembu dan menyerang balik kawanan singa lainnya yang tampak kelaparan itu.

4. Singa betina mengadopsi bayi antelope
Singa betina adopsi bayi antelope
Keunikan yang terjadi di dunia satwa terkadang terjadi di luar kebiasaan dan dia luar akal. Seperti yang terjadi pada seekor singa betina di Kenya yang mengadopsi bayi antelope dan memperlakukannya seperti anaknya sendiri. Singa betina ini tampak sangat menyayangi bayi antelope. Ia bahkan menyiapkan semua keperluan sang bayi. Seperti makanan, tempat tidur, bahkan berusaha memberikannya susu. Padahal umumnya antelope dan singa bukanlah teman baik. Antelope justru biasanya menjadi makanan favorit singa.

5. Singa betina menyelamatkan bayi gnu
Singa betina menyelamatkan bayi gnu
Aksi kekejaman satu hewan terhadap hewan lainnya di alam liar adalah hal yang lumrah. Memakan dan dimakan adalah proses dalam perputaran rantai makanan yang tidak akan pernah putus sampai kapanpun. Di antara berbagai hewan yang terkenal agresif saat mencari mangsa, ternyata masih ada hewan buas yang berhati mulia. Contohnya adalah seekor singa betina yang menyelamatkan bayi gnu dari serangan hewan pemangsa lainnya. Awalnya bayi gnu ini sedang menyusu pada induknya. Mereka tidak sadar bahwa bahaya tengah mengintai. Ketika seekor hewan buas mendekat, induk gnu segera berlari untuk menghindar diikuti oleh sang bayi tetapi keduanya terpisah. Lantas seekor singa betina datang dan mendekati bayi gnu. Dari kejauhan induk gnu hanya bisa melihat bayinya sedang bersama singa betina. Ajaibnya singa ini bukannya memangsa justru melindungi bayi gnu dari serangan hewan buas lain.

6. Singa bertarung dengan buaya demi menyelamatkan zebra
Singa bertarung dengan buaya untuk menyelamatkan zebra
Aksi hewan buas berhati mulia berikutnya adalah aksi penyelamatan kuda zebra oleh sekawanan singa. Seekor zebra sedang berjuang melawan serangan sekelompok buaya di tepi sungai. Bagian kaki sang zebra terkoyak oleh gigitan buaya dan dia tampak sudah kehabisan tenaga. Susah payah ia berusaha meniti bebatuan keluar dari tepi sungai untuk menyelamatkan diri. Pada saat yang sama, seekor singa melihat kejadian ini. Dengan cepat ia berlari dan langsung menyerang sekelompok buaya yang hendak mengejar zebra. Bersama beberapa kawannya, singa-singa ini kemudian bertarung dengan buaya hingga buaya-buaya itu menyerah. Dan berkat kawanan singa, zebra yang terluka inipun berhasil menyelamatkan diri.

7. Ular piton selamatkan tikus putih
Ular piton menyelamatkan tikus putih
Awalnya tikus putih ini adalah santapan yang memang disiapkan untuk menjadi santapan ular piton. Namun entah disengaja atau tidak, sebelum disantap oleh piton, tikus putih ini jatuh ke dalam wadah berisi air. si tikus putih pun panik dan berusaha berenang ke tepian untuk menyelamatkan diri dari dalam air sekaligus melarikan diri dari ular piton yang akan memangsanya hidup-hidup. Upaya tikus putih untuk berenang dan melarikan diri tak kunjung membuahkan hasil. Tikus putih itu justru kelelahan dan mulai tenggelam di dalam wadah air. Melihat hal ini ular piton merendahkan tubuhnya hingga masuk ke dalam air. Tak lama kemudian hal menakjubkan terjadi. Tikus putih yang sempat tenggelam ini bergegas menaiki tubuh ular piton sehingga ia bisa selamat dan bisa keluar dari wadah air. Sang piton seolah rela tubuhnya diinjak oleh tikus demi menyelamatkan mangsanya ini dari tenggelam.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aksi Hewan Buas Berhati Mulia"

Posting Komentar