Mall-Mall Terbesar di Dunia

Jaman dulu mall dianggap tempat hiburan mewah. Tapi jaman sekarang mall menjadi tempat yang mudah sekali dijadikan sekedar tempat makan, nongkrong, nonton,belanja, atau sekedar cuci mata dan jalan-jalan. Bagi kalian-kalian yang suka ngemall, berikut 7 Mall terbesar di dunia:
1. Istanbul Cevahir, Turki
Istanbul Cevahir yang berada di negara Turki merupakan pusat perbelanjaan alias mall terbesar di dunia. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat 343 toko, sekitar 50 restoran, 12 bioskop, teater pribadi, ruang bowling, roller coaster kecil, dan atap kaca dengan jam terbesar kedua di dunia. Luar biasa keren ya..

2. Grand Canal Shoppes, Las Vegas
Mall seluas 46.000 meter persegi ini pertama dibuka pada tahun 1999. Yang unik dari mall ini adalah pengunjung dapat mengelilingi mall dengan gondola yang akan melalui kanal dalam ruangan. Pembuatan kanal serta gondola ini terinspirasi dari gondola yang ada di Venesia, Italia. Selain itu, mall ini juga memiliki 6 galeri seni bergengsi, 160 toko unggulan dan barang bermerk serta butik desainer kelas atas, lebih dari selusin restoran kelas dunia, pertunjukan live dan lain-lain.

3. West Edmonton Mall, Canada
West Edmonton Mall, Kanada, adalah mall terbesar ke-5 di dunia dan terbesar di Amerika Utara. Mall ini memiliki kolam ombak terbesar di dunia, 800 toko, bourbon street, europe boulevard, galaxyland, danau indoor, hotel, kebun binatang, teater, bioskop, empat stasiun radio dan lainnya. Dijamin, waktu seharian tidak akan cukup untuk mengelilingi seluruh fasilitas yang tersedia di mall ini.

4. Dubai Mall, Dubai
Kalau mall yang satu ini disebut-sebut sebagai mall terbesar di dunia. Luasnya saja mencapai 12,1 juta kaki persegi. Pengunjung juga akan disuguhi 1200 toko, rumah-rumah aquarium, 250 kamar hotel mewah, 22 layar bioskop, dan 120 restoran dan kafe. Mall Dubai dilengkapi juga dengan akuarium terbesar kedua di dunia, toko permen terbesar di dunia, ski indoor seluas 22.500 meter persegi dan taman salju yang diyakini menjadi taman salju indoor terbesar di dunia seluas 3000 meter persegi. Dubai Mall meraih Guinness World Record untuk panel akrilik terbesar di dunia.

5. Mall Of The Emirates, Dubai
Satu lagi mall terbesar terletak di negara Dubai, yaitu Mall Of The Emirates. Mall ini luasnya mencapai 223.000 meter persegi dengan berbagai sarana berbelanja, rekreasi, dan tempat hiburan. Terdapat 450 toko seperti toko mainan, perlengkapan rumah tangga, fashion, perlengkapan elektronik, perlengkapan komputer, furnitur, toko perhiasan, apotik, pusat kebugaran dan masih banyak lagi. Selain itu ada pula tempat hiburan seperti ski dubai, planet magic dua tingkat, 14 layar cinestar bioskop, ruang teater dengan 500 kursi. Jika ingin bermalam di mall ini tersedia hotel ternama seperti Hilton, Ibis, Sheraton, atau Novotel. Fasilitas hiburan yang lain ada juga restoran, lapangan tenis, kolam renang, dan masih banyak lagi.

6. SM Megamall, Filipina
SM Megamall ini terletak di distrik bisnis Ortigas, Metro Manilla, Filipina. Mall seluas 506.435 meter persegi ini merupakan dua gedung yang dihubungkan oleh sebuah jembatan. Mall ini memiliki 1100 toko dan 400 restoran. Mall ini mulai beroperasi sejak tahun 1991 dan tak pernah sepi pengunjung. Dengan bangunan 5 lantai ditambah 1 lantai basemen, mall ini dapat menampung hingga 4 juta pengunjung.

7. Mall of America, Minnesota
Mall of America terletak di Bloomington, Minnesota  dengan luas 730.000 meter persegi. Mall ini pertama kali dibuka untuk umum pada Agustus 1992 dan sempat berganti nama beberapa kali. Mulai dari "The Megamall", "Sprawl of America", "Hugedale", juga nama tersingkat " The Mall". Mall ini dikunjungi oleh 42 juta pengunjung tiap tahunnya, 8 kali jumlah penduduk Minnesota. Sedangkan jumlah pekerja di mall ini dapat mencapai 11.000 hingga 13.000 pekerja per tahun pada musim tersibuk. Keunikan mall ini dari mall-mall yang lain adalah mall memiliki sebuah kapel pernikahan dan sudah ada lima ribu pasangan yang menikah di sana.

Itu dia mall-mall terbesar di dunia. Penasaran berkunjung ke sana? Persiapkan kaki yang kuat dan dompet yang tebal ya... :-)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mall-Mall Terbesar di Dunia"

Posting Komentar