Hewan dengan Kemampuan Super di Dunia

Seringkali kita membaca komik atau melihat film yang memamerkan superhero yang memiliki kekuatan super sebagai pemeran utamanya. Kekuatan super itu dapat berupa kekuatan, kecepatan berlari, terbang, ataupun kekuatan super lainnya. Meski hal tersebut terlihat mustahil dan kita anggap fiksi atau khayalan pengarang belaka, nyatanya jika kita perhatikan ada beberapa jenis hewan yang memiliki kekuatan super. Berikut adalah hewan dengan kekuatan super di dunia:

1. Laba-laba roda emas memiliki kecepatan berputar
Laba-laba roda emas
Hewan dengan kekuatan super di dunia nyata yang pertama adalah laba-laba roda emas (Carparachne aureoflava). Hewan ini memiliki kekuatan super dengan berguling cepat layaknya karakter dalam game sonic and the hedgehog. Saat mengejar mangsa, laba-laba yang banyak ditemukan di puncak bukit berpasir Namibia ini biasanya akan mengambil beberapa langkah kemudian bergerak cepat seperti roda yang berguling menuruni bukit. Saat merasa terdesak, mereka akan menarik kakinya sehingga tubuhnya mudah berputar dan menjauh dari bahaya dengan kecepatan berputar yang mencapai 2 meter/ detik. Jika dikonversi, kecepatan putaran tubuh hewan yang memiliki panjang 3 cm ini sama dengan putaran roda kendaraan dengan kecepatan 40 km/ jam.

2. Gurita penyamar berkamuflase meniru hewan lain
Gurita penyamar
Layaknya sniper yang ahli berkamufase di film-film perang, atau karakter Mystique di film X-Men yang bisa berkamuflase menjadi orang lain, ada binatang yang sangat pandai dalam hal berkamuflase. Di dunia nyata kemampuan luar biasa ini dimiliki oleh gurita penyamar atau Mimic octopus. Ia sanggup meniru atau menyamar menjadi hewan laut lainnya seperti lion fish, flat fish, kepiting raksasa, ikan pari, ular laut, bintang laut, dan lain sebagainya. Keahliannya dalam menyamar ini bisa terjadi karena di bawah lapisan kulitnya terdapat kromatofora, yaitu kantong-kantong berisi zat warna yang dapat mengubah corak dan warna tubuh gurita sesuai dengan hewan yang ingin ditiru.

3. Semut rahang capit memangsa dengan capitnya
Semut rahang capit
Berikutnya adalah semut rahang capit atau Odontomachus bauri. Semut jenis ini dapat menangkap mangsanya dengan kekuatan 300 kali berat tubuhnya sendiri. Semut yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini memanfaatkan capitnya untuk banyak hal antara lain melemparkan binatang yang mendekati mangsanya, merobek-robek mangsanya atau apapun yang membahayakan nyawanya, dan melentingkan tubuhnya bila merasa terancam oleh hewan yang lebih besar dan sulit ia kalahkan. Rahang semut ini sebetulnya tidak panjang, namun dapat digunakan untuk menjepit dengan kuat karena digerakkan dengan begitu cepat. Kecepatan rahang capitnya menutup dapat mencapai lebih dari 100 km/ jam.

4. Bintang laut dapat menumbuhkan tubuhnya sendiri
Bintang laut
Karakter Wolferine di film X-Men memiliki kemampuan menyembuhkan diri dengan cepat. Dalam dunia nyata, kemampuan ajaib ini dimiliki oleh beberapa spesies bintang laut. Ketika salah satu tentakelnya terluka dan terpotong, maka bagian yang terpotong tersebut akan tumbuh kembali. Uniknya, bahkan potongan tentakelnya yang terlepas juga dapat tumbuh menjadi bintang laut baru yang utuh. Hal ini dikarenakan saraf bintang laut terletak di area tentakelnya tersebut. Akan tetapi regenerasi atau pertumbuhan kembali tentakel bintang laut ini tidak terjadi secara instan atau dalam hitungan menit saja. Proses regenerasi ini dapat terjadi berbulan-bulan bahkan hingga satu tahun.

5. Kerang ming dan kura-kura aldabra anti penuaan
Kerang ming dan kura-kura aldabra
Kemampuan super yang dimiliki hewan berikutnya adalah kemampuan untuk berhenti tua. Beberapa jenis hewan ternyata memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan dirinya ketika telah mencapai usia tertentu. Setelah mencapai usia tersebut, maka hewan-hewan tertentu tak akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dan hidup abadi. Contohnya adalah kerang ming yang diperkirakan telah berusia lebih dari 400 tahun. Kerang ming tertua yang ditemukan diketahui berumur lebih dari 500 tahun. Contoh lainnya adalah seekor kura-kura aldabra yang bernama Adwaita. Kura-kura yang dibawa ke India pada tahun 1750 ini mati pada tahun 2006 di usianya yang ke 256 tahun. Adwaita mati akibat sebuah kecelakaan yang membuat tempurungnya retak.

6. Platypus memiliki indra ke-enam
Platypus
Hewan bernama platypus ini memang terlihat seperti bebek lucu yang sama sekali tak tampak mirip dengan superhero. Namun jangan tertipu dengan penampilannya. Mamalia yang bertelur ini memiliki indra ke-enam yang disebut dengan elektroreseptor di dalam paruhnya. Kekuatan supernya ini memungkinkan platypus yang memiliki penglihatan minim untuk mendeteksi mangsa dengan merasakan medan listrik yang dihasilkan oleh gerakan otot. Bahkan dalam ruangan gelap dengan mata dan telinga ditutup, seekor platypus tetap bisa memburu mangsanya. Secara alami mereka juga dilengkapi dengan kekuatan cakarnya yang tajam dan beracun untuk memberikan tendangan mematikan pada predator yang mengejarnya.

7. Ikan pemanah penembak yang akurat
Ikan pemanah
Hewan dengan kekuatan super yang terakhir adalah ikan pemanah atau archer fish. Bagaikan superhero yang lihai memanah, ikan berukuran kecil ini mampu melumpuhkan hewan mangsanya yang berada dekat dengan permukaan air seperti serangga. Setelah serangga jatuh, ikan pemanah akan segera menyantapnya. Dengan menggunakan lidah serta insangnya ikan pemanah menembakkan tetes air dengan kecepatan dan keakuratannya yang luar biasa. Bahkan pancaran air ini diklaim 6x lebih kuat dibandingkan kekuatan ototnya. Penglihatannya yang tajam juga memungkinkan dirinya melihat target dengan akurat. Bahkan ia mampu memperhitungkan pembiasan cahaya dari air ke darat dengan sudut berapapun dan tetap dapat menembakkan air dengan tepat 1x tembakan saja langsung mengenai mangsanya. Ia pun tak segan melompat dari air untuk menangkap serangga mangsanya yang berada sangat dekat dengan permukaan air.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hewan dengan Kemampuan Super di Dunia"

Posting Komentar