Keajaiban Pisang


Bagi anda penggemar pisang, anda patut bersyukur karena telah menyukai makanan dengan kandungan gizi yang luar biasa. Bila dibandingkan dengan apel, pisang mengandung protein 4x lipat, karbohidrat 2x lipat, fosfor 3x lipat, Vitamin A dan zat besi 5x lipat, serta vitamin dan mineral lainnya 2x lipat. Orang yang rajin makan pisang setiap hari akan mempunyai ketahanan tubuh yang kuat alias tidak mudah sakit. Selain memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan kita, ternyata pisang juga mempunyai manfaat tak terduga lainnya. Berikut beberapa manfaat lain pisang selain yang menyangkut kesehatan kita:

1. Menghapus bekas luka
Anda punya bekas luka pada kulit yang susah untuk dihilangkan? Beberapa obat yang dijual di pasaran terbukti ampuh untuk menghapus bekas luka. Tetapi tahukah anda bahwa ada cara tradisional untuk menghilangkan bekas luka? Yaitu dengan menggunakan getah yang tersedia pada kulit dan bonggol pisang. Caranya cukup dengan mengoleskan kulit pisang yang masih mengandung getah ke daerah bekas luka. Diamkan kurang lebih sepuluh menit kemudian bilas dengan air bersih. Kulit pisang ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit akibat digigit serangga. Caranya masih sama, dengan mengoleskan bagian kulit pisang ke bagian kulit yang digigit serangga. Dengan cara ini rasa gatal dan juga bentol-bentol kecil dan kulit merah akibat gigitan serangga dapat diatasi. Kulit pisang bahkan bisa digunakan untuk menghapus kutil yang mengganggu dengan penggunaan teratur selama kurang lebih 10 hari.

2. Menyimpan tegangan listrik
Manfaat yang dimiliki kulit pisang selanjutnya sungguh mengejutkan dan sulit dipercaya. Kulit pisang ternyata bisa dimanfaatkan untuk menyimpan tegangan listrik. Kulit pisang yang dijus ternyata memiliki kandungan elektroda mirip dengan yang terkandung dalam tembaga atau seng sehingga mampu menghantarkan panas listrik. Hampir seperti kemampuan baterai. Kulit pisang mengandung beberapa macam mineral yang dapat berfungsi sebagai elektrolit. Kandungan mineral terbanyak yang dimiliki kulit pisang adalah potasium atau kalium. Selain itu kulit pisang juga mengandung garam sodium dengan kandungan klorida dalam jumlah yang sedikit. Reaksi antara kalium dengan garam sodium membentuk Kalium klorida atau KCl. KCl merupakan elektrolit kuat yang mampu terionisasi dan menghantarkan arus listrik. Tegangan listrik yang mampu dihasilkan adalah 1.2 volt, sedikit lebih kecil daripada baterai yang menghasilkan tegangan sebesar 1.5 volt. Baterai kulit pisang bisa bertahan sampai 135 jam dan satu buah kulit pisang bisa dijadikan kurang lebih delapan baterai.

3. Menyemir sepatu
Apa yang terjadi jika anda akan datang ke suatu acara resmi kemudian anda melihat sepatu hitam anda tampak kusam dan lusuh. Anda pasti akan berusaha mencari semir kemudian menyemir sepatu anda. Tetapi jika ternyata semir itu tidak dapat anda temukan, anda tak perlu panik dan segera pergi membeli semir yang baru. Yang perlu anda lakukan hanya mengecek persediaan buah yang anda miliki di rumah. Jika anda menyimpan pisang, anda (lagi-lagi) bisa memanfaatkan kulit pisang sebagai pengganti semir. Cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit pisang ke sepatu anda kemudian gosok sepatu dengan kain kering seperti halnya sedang menyemir sepatu. Anda akan melihat sepatu hitam anda yang sebelumnya kusam menjadi mengkilap seperti habis disemir. Hal ini dikarenakan kulit pisang mengandung potasium di bagian dalam dan minyak di bagian luarnya. Dua kandungan tersebut berguna untuk membersihkan, melembutkan serta mengawetkan sepatu kulit anda.
Kulit pisang sebagai pengganti semir

4. Mencerahkan kulit
Ternyata pisang juga memiliki khasiat istimewa bagi kecantikan kulit wajah. Caranya dengan menghancurkan daging buah pisang dan memakainya sebagai masker. Selain alami, cara ini juga relatif murah dan lebih aman bagi kulit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa dengan menambahkan madu pada masker pisang. Manfaat dari masker pisang selain dapat menghaluskan wajah juga dapat mengangkat sel kulit mati. Selain itu masker pisang bermanfaat juga untuk menghilangkan jerawat. Pisang yang digunakan adalah pisang yang sudah matang atau berwarna kuning. Oleskan pisang yang sudah halus tersebut pada wajah anda. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit indah alami. Sungguh tak disangka dengan cara alami dan murah banyak manfaat yang didapat.

Itulah beberapa manfaat ajaib dari pisang. Tidak hanya buahnya, kulitnya pun mempunyai manfaat yang luar biasa.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keajaiban Pisang"

Posting Komentar