Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur yang biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia dapat dipicu oleh banyak faktor, mulai dari stres, kebiasaan tidur yang tidak teratur, alkohol, atau bisa juga karena pengaruh obat. Stres dapat memicu insomnia karena orang stres cenderung susah tidur pada malam hari. Kebiasaan tidur yang tidak teratur juga dapat memicu insomnia, baik itu kuantitas tidur yang kurang, ataupun perbandingan waktu tidur yang tidak proporsional. Berikut ini cara mengatasi insomnia yang bisa anda praktekkan sebelum insomnia berubah menjadi akut:

1. Tidur lebih awal, usahakan pada jam yang sama
Atur jam tidur dan bangun setiap harinya
Tidur awal, bangun awal pula. Mulailah kebiasaan untuk tidur lebih awal, agar dapat bangun lebih awal juga. Akan lebih baik jika membiasakan setiap hari tidur di waktu yang sama. Jika hari ini tidur jam 9 malam, usahakan untuk mengatur agar hari-hari berikutnya bisa konsisten tidur di jam 9 malam juga. Tak hanya jam tidur yang diatur, jam bangun pun perlu diatur agar konsisten setiap harinya. Jika perlu pasang alarm untuk bangun pagi di waktu yang sama. Memang pada awalnya akan terasa berat, tetapi jika sudah terbiasa, anda akan terlatih tidur dan bangun secara teratur setiap harinya walaupun belum terasa mengantuk.

2. Jangan mengkonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur
jangan mengkonsumsi kafein terutama sebelum tidur
Kopi, teh, cokelat, minuman bersoda, minuman berenergi, dan es krim adalah beberapa contoh makanan/ minuman yang mengandung kafein. Jika anda tidak ingin mengalami kesulitan tidur di malam hari disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan/ minuman tersebut khususnya beberapa jam sebelum tidur. Karena kafein dapat memacu aliran darah menuju otak yang menyebabkan kesulitan untuk tidur.

3. Tidurlah dalam keadaan kenyang, supaya tidak terbangun di tengah malam
Tidurlah dalam kondisi perut terisi
Makan malam pada waktu yang tepat dan dengan porsi yang mengenyangkan dapat membantu mengatasi insomnia. Karena itu pastikan untuk tidur dalam keadaan keyang atau tidak dalam keadaan lapar. Karena kelaparan dapat menyebabkan terjaga di tengah malam dan menyebabkan susah untuk tidur lagi. Tetapi pastikan juga untuk tidak langsung tidur sesaat sebelum tidur karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lain.

4. Hindari tidur siang terlalu lama
Jangan tidur siang terlalu lama
Jangan membiasakan untuk tidur siang terlalu lama. Karena tidur siang yang terlalu lama menyebabkan anda tidak merasa mengantuk di malam hari karena waktu tidur sudah tergantikan di siang hari. Waktu tidur siang yang dianjurkan adalah hanya sekitar 15-30 menit. Walaupun terasa tidak lama tapi anda tetap merasakan efek segar setelah bangun dari tidur siang selama 15-30 menit saja.

5. Relaksasi
Lakukan relaksasi seperti mendengarkan musik sebelum tidur
Relaksasi dapat membantu agar anda dapat cepat terlelap di malam hari. Cara untuk relaksasi pun bermacam-macam. Bisa dengan cara menggunakan masker saat tidur, merendam kaki dengan air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik sebelum tidur, berlatih pernapasan sebelum tidur, atau memakai wangi-wangian aromaterapi yang menenangkan di dalam kamar. Kenyamanan pakaian yang dipakai dan pencahayaan redup dalam kamar juga bisa membantu agar cepat terlelap. Menjauhkan diri dari gadget dan membaca doa tertentu sebelum tidur juga dapat membantu agar cepat tidur di malam hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar