Manfaat Tak Terduga yang Dimiliki Tepung Kanji

Tepung Kanji atau tapioka dibuat dari umbi akar ketela pohon yang fungsinya membuat makanan berkuah supaya lebih kental atau untuk merekatkan makanan.
Tepung kanji atau tapioka
Namun selain digunakan sebagai bahan pelengkap di dapur, ternyata tepung kanji memiliki banyak manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari mulai dari keperluan rumah tangga seperti membersihkan kaca dan perabot yang berbahan logam atau perak hingga untuk kesehatan kulit wajah. Tepung kanji dapat menjadi sahabat rumah tangga yang menyenangkan. Berikut manfaat yang tak terduga dari tepung kanji:

1. Sebagai pembersih kaca
Tepung kanji untuk membersihkan kaca
Kaca di rumah anda terlihat buram? Tepung kanji ampuh untuk dijadikan bahan pembersih kaca karena dapat mengangkat debu dengan baik. Caranya adalah dengan mencampurkan tepung kanji dengan sari jeruk nipis serta satu sendok teh cuka apel dan air secukupnya. Kemudian semprotkan pada kaca lalu lap dengan lap kering. Kaca pun akan kembali bening berkilau.

2. Untuk membersihkan noda oli
Tepung kanji untuk membersihkan noda oli
Ada sisa oli yang melekat pada lantai rumah atau kain dan anda khawatir meninggalkan noda yang tidak bisa hilang? Jangan khawatir, taburkan saja bubuk tepung kanji pada noda. Setelah itu bersihkan bekas oli tadi dengan menggunakan kain basah. Lalu ulangi terus hingga noda benar-benar terangkat bersih. Dan lihatlah hasilnya. Lantai atau kain akan bersih kembali dengan seketika.

3. Untuk membuat perabot perak dan logam lain besinar kembali
Tepung kanji untuk membersihkan perabot perak
Bahan perak juga bisa dibersihkan dan kembali berkilau apabila dicuci dengan tepung kanji dan air. Caranya tepung kanji ditaburkan dan sedikit dibasahi. kemudian gosokkan pada bahan perak lalu dibilas dengan air. Keringkan bahan perak tersebut dan bahan perak itu akan kembali seperti baru lagi. Selain perak, ceret dapur, lampu tembaga, dan kerajinan-kerajinan yang terbuat dari logam tembaga yang sudah terlihat kusam atau kehilangan kilaunya karena sudah terlalu lama tersimpan pun bisa dibuat seperti baru kembali. Untuk menyiasati hal ini campurkan sejumlah tepung kanji dan cuka putih serta garam secukupnya hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada barang logam yang terbuat dari tembaga dan lain sebagainya. Lalu biarkan hingga kering.

4. Untuk membersihkan noda tinta
Tepung kanji untuk membersihkan noda tinta
Bila ada noda tinta pada kain maka aplikasikan pasta kanji kental di sana kemudian biarkan kering dan kembali dicuci. Noda akan sedikit terangkat. Perlu beberapa kali pengaplikasian hingga nodanya pudar. Sisa tinta yang ada pada baju biasanya sangat sulit untuk dibersihkan. Karena itulah tepung kanji bisa menjadi solusi. Campurkan tepung kanji dan air hingga menjadi pasta setelah itu oleskan tepung kanji di bagian tinta tadi dan kucek seperti biasanya.

5. Sebagai lem alami
Lem dari tepung kanji
Manfaat tepung kanji selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai lem alami. Cara membuatnya dengan cara memasak tepung kanji dengan ditambah sedikit air lalu aduk sampai rata selama beberapa menit hingga teksturnya mengental dan angkat jika sudah masak atau airnya kering. Tepung kanji pun siap anda gunakan sebagai lem.

6. Untuk menyerap bau tak sedap pada sepatu
Lem kanji untuk menyerap bau tak sedap pada sepatu
Untuk menyerap bau tak sedap pada sepatu terutama sepatu olahraga taburkan tepung kanji pada secarik kain kemudian sisipkan di dalam sepatu saat disimpan di lemari. Cara ini ampuh untuk membantu menyerap aroma tak sedap pada sepatu. Dengan cara ini sepatu anda pun terbebas dari bau apek namun jangan lupa untuk menggantinya setiap hari.

7. Meredakan luka bakar dan gatal-gatal
Tepung kanji untuk meredakan kulit yang terbakar matahari
Tepung kanji juga berguna untuk kesehatan kulit serta meredakan luka bakar dan gatal-gatal. Sehabis bermain di pantai saat musim panas biasanya kulit akan terasa terbakar dan sedikit agak nyeri. Anda dapat mengaplikasikan tepung kanji yang dicampur dengan air pada kulit yang terbakar atau terasa nyeri tersebut sebagai masker. Lalu biarkan mengering hingga keesokan paginya. Cara ini juga ampuh utuk mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat.

8. Untuk mengatasi masalah pada rambut
Tepung kanji untuk membersihkan sisa hairspray
Tepung kanji juga dapat digunakan sebagai shampoo. Caranya setelah rambut disasak atau hairdo biasanya sisa hairspray tidak mudah dihilangkan. Taburkan saja tepung kanji pada rambut yang masih ada sisa hairspray tersebut dan diamkan sejenak. kemudian berkeramaslah seperti biasa dengan air dingin. Jangan menggunakan air panas karena tepung kanji bisa semakin menempel dan membuat rambut malah semakin lengket. Selain itu ketika anda sedang terburu-buru dan rambut anda berminyak, tepung kanji dapat mengatasi masalah anda. Taburkan sedikit tepung di akar rambut dan sisirlah hingga tepung menghilang secara merata. Tepung dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada rambut sehingga rambut tak akan terlihat lepek dan berminyak.

9. Untuk kecantikan kulit
Masker tepung kanji
Ingin kulit tampak lebih cerah? Tepung kanji pun bisa menjadi solusinya, Campurkan saja dua sendok makan tepung dengan satu sendok makan yoghurt serta sedikit bubuk kunyit. Aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering selama dua puluh lima menit. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat. Jika rutin dilakukan wajah anda pun akan menjadi sehat dan bersinar. Selain itu jika ingin mengatasi jerawat campurkan tepung kanji dengan madu, daun teh hijau yang telah diseduh dan gunakan selagi masih hangat, lalu beberapa tetes air lemon. Tempelkan pada jerawat anda dan tutupi dengan plester jerawat selama satu malam. Keesokan harinya anda sudah tidak akan menemui jerawat di wajah anda. Serta ramuan lainnya untuk kulit wajah sehat adalah hancurkan sejumlah buah anggur kemudian campurkan tepung kanji secukupnya hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh atau wajah anda kurang lebih selama lima belas menit kemudian mandilah dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini secara berkala agar kulit anda semakin sehat alami dan indah.

Itulah manfaat tak terduga yang dimiliki oleh tepung kanji. Semoga informasi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Tak Terduga yang Dimiliki Tepung Kanji"

Posting Komentar