Makanan Dengan Kadar Gula Mengejutkan

Dulu lemak merupakan momok utama yang dianggap membahayakan kesehatan. Kini gula juga menjadi pusat perhatian karena bisa membahayakan kesehatan. Makanan yang tinggi kadar gula meningkatkan resiko terkena penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga kanker. Meskipun banyak orang merasa tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, namun ternyata kandungan gula banyak tersembunyi di dalam makanan yang biasa yang dimakan. Sebagian makanan tersebut bahkan diklaim sebagai makanan sehat. Gula terdapat dalam berbagai bentuk, seperti glukosa dan fruktosa dalam gula buah, laktosa dalam susu, sukrosa dalam gula meja, maltose dalam madu, serta gula dalam makanan lainnya. Berikut beberapa makanan dan minuman dengan kadar gula mengejutkan:

1. Saus tomat dan yoghurt
Saus tomat (kiri) dan Yoghurt (kanan)
Makanan pertama yang mungkin tidak kita duga mengandung kadar gula tinggi adalah saus tomat dan saus-saus lain yang mudahnya kita temukan di supermarket. Saus tomat adalah saus yang dibuat dari tomat masak ditambah gula, garam, cuka, dan rempah-rempah sesuai selera. Saus tomat yang biasa kita temukan di supermarket mengandung gula tambahan. Faktanya menurut WHO, 1 sendok makan saus tomat saja bisa mengandung sampai 1 sendok teh gula.
Saus instan lain yang sering digunakan sebagai pelengkap makan adalah yoghurt. Yoghurt adalah makanan yang dihasilkan oleh fermentasi bakteri susu. Yoghurt tawar tanpa pemanis adalah pilihan yang baik untuk kesehatan karena merupakan sumber kalsium. Akan tetapi anda perlu waspada dengan yoghurt berasa karena mengandung gula tersembunyi dengan kadar tinggi. Yoghurt rasa vanilla mengandung 17 gram gula dalam setiap kemasannya dan 2 bahan lain yoghurt merupakan produk turunan gula. Karena itu lebih amannya pilihlah yoghurt tawar dan tambahkan sendiri pemanis baik itu dari buah asli atau madu sesuai selera.

2. Air bervitamin dan soda
Air bervitamin (atas) dan soda (bawah)
 Banyak yang beranggapan bahwa air bervitamin atau vitamin water akan lebih menyehatkan daripada air biasa. Air bervitamin merupakan campuran dari air, gula, vitamin sintetis, dan perasa yang mirip dengan rasa buah. Beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin water mengandung gula berkadar tinggi. Salah satu merk vitamin water ternama mengandung 32,5 gram gula dalam 1 botol ukuran sedang. Gula yang digunakan dalam vitamin water adalah sucralose dan aspartame yang dapat menyebabkan mual dan diare bila terlalu sering dikonsumsi.
Soda dibuat dari air gula yang diisi gas. Sebuah studi menyatakan bahwa sekaleng soda dapat mengandung gula hingga 10 sendok teh. Kandungan gula yang tinggi dalam soda bisa menyebabkan obesitas dan diabetes. Pemanis yang digunakan dalam soda adalah aspartame yang berbahaya karena tidak dapat dipecah dalam tubuh dan dapat menimbulkan efek samping berbahaya seperti kerusakan otak, diabetes, gangguan emosional, penurunan daya pandang, telinga berdenging, penurunan daya ingat, nafas pendek, serta gangguan lainnya. Selain kadar gula yang tinggi, soda juga mengandung kafein, asam fosfat, pewarna, perasa, dan pengawet yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

3. Kentang goreng
Kentang goreng
 Tak ada yang menyangka jika kentang goreng memiliki kadar gula mengejutkan. Kandungan utama yang terdapat pada kentang adalah karbohidrat. Karbohidrat sederhana di dalam tubuh terkonversi menjadi gula. Saat tubuh membutuhkan karbohidrat dalam jumlah cepat, gula ini akan diserap dan berubah menjadi energi. Jika tidak, gula akan tertimbun menjadi lemak. Konsumsi kentang goreng dalam jumlah banyak tanpa diimbangi aktivitas yang sepadan akan mengakibatkan karbohidrat terkonversi menjadi gula yang tinggi menyebabkan meningkatnya produksi insulin dan jika terus berkembang dapat menjadi pencetus penyakit jantung dan diabetes.

4. Oatmeal
Oatmeal
 Oatmeal adalah gandum yang berbentuk bubuk dengan serpihan kasar atau biasa disebut bubur gandum. Oatmeal selama ini diklaim sebagai menu sarapan sehat. Siapa sangka jika oatmeal ternyata memiliki kadar gula yang mengejutkan. Biasanya oatmeal yang mengandung kadar gula tinggi adalah oatmeal instan yang memiliki varian rasa bermacam-macam. Kandungan gula yang tinggi pada oatmeal instan dapat memicu melonjaknya gula darah. Untuk mengurangi resiko tersebut, konsumsilah oatmeal polos tanpa rasa dengan menambahkan sendiri pemanisnya dari bahan yang alami seperti buah atau madu.

5. Granola bar
Granola bar
Granola bar adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang dan sereal serta kadang dicampur dengan buah kering yang rasanya manis. Banyak iklan granola bar yang mengklaim bahwa camilan ini sehat dan baik bagi yang sedang berdiet. Pada kenyataannya granola bar tidak tinggi serat seperti yang diiklankan, akan tetapi justru lebih banyak mengandung karbohidrat tinggi. Sedangkan campuran buah yang dikeringkan dalam granola bar jelas-jelas mengandung gula yang tinggi pula. Bahkan granola bar yang diberi tambahan coklat chips atau dibalut coklat mengandung gula lebih banyak daripada 1 batang permen. Kandungan gula tinggi di dalamnya akan memicu peningkatan dan penurunan kadar gula darah secara drastis sehingga membuat semakin cepat lapar. Jadi ada baiknya untuk mengganti konsumsi granola bar ini dengan buah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makanan Dengan Kadar Gula Mengejutkan"

Posting Komentar